Rental Forklift BSD Sewa Forklift 2,5 Ton, 3 Ton, 10 Ton ke Daerah bsd, cisauk, legok, tangerang selatan, gunung sindur, parung panjang, kota tangerang, karawaci, serpong, sumarecon, bintaro, alam sutera, taman tekno, muncul, puspitek, legok, pamulang, ciledug, parung serab, ciputat, pagedangan, babakan, ciater, victor, benda, pondok petir, poris, cikokol, cipondoh, cigaten, gading serpong, ceger, pondok aren, bizhub, t8, ice bsd, tangerang, neglasari, sepatan, selapajang, cengkareng, kalideres

RENTAL FORKLIFT BSD 081289718175



Recent Posts Widget

RENTAL FORKLIFT CILEDUG 081213510099

MACAM MACAM JENIS FORKLIFT

ForkliftImage via Wikipedia
Electric Forklift in action
A brand-new Raymond narrow-aisle reach truck.Image via Wikipedia
Dari namanya saja kita udah bisa nebak kalo forklift ini dijalanin pake tenaga listrik. Yah, lebih tepatnya "makhluk ini" menggunakan motor listrik sebagai penggerak dan baterai sebagai penyuplai listrik. Karena pake tenaga listrik inilah, forklift jenis ini sangat ramah lingkungan (ga ada emisi gas buang), ga berisik dan boleh jadi pilihan terbaik untuk pekerjaan indoor. Proses maintenance gak terlalu rumit, dan gak perlu pusing mikirin biaya BBM yang makin mahal, kan pake baterai. hehehe
motor listrik pada forklift elektrik
Hanya saja masalahnya, pada forklift ini gak punya alternator (pembangkit listrik arus DC, gunanya buat nge-charge baterai / ACCU saat beroperasi) layaknya pada forklift engine. Jadi, saat pengoperasian forklift, baterai hanya dimanfaatkan cadangan daya listriknya tanpa ada recharge. Hal ini menjadikan waktu pemakaian baterai menjadi singkat, sekitar 6-8jam saja jika dipakai secara kontinu. Padahal, pekerjaan di pabrik ataupun pergudangan bisa berjalan 24 jam non stop. Akhirnya, kita harus recharge baterai, dan proses recharging ini lumayan lama, sekitar 5-8 jam. Jadi para user harus punya cadangan baterai lagi buat operasional, n udah pasti ongkosnya nambah lagi. 
Baterai
charger
Tempat untuk nge-charge ulang baterai juga ga boleh sembarangan, harus tempat yang kering, punya sirkulasi udara yang bagus dan suhu udara yang terkontrol. Satu lagi, sediakan crane / lifter buat ngangkat baterai saat penggantian, ga mungkin anda mau angkat pake tangan kan? haha. Dan yang paling penting, pemakaian forklift ini hanya diperuntukkan buat pekerjaan Indoor saja.
MACAM MACAM FORKLIFT.
Nih, langsung aja, cekidot gan. . .



Forklift tuh dibedakan jadi dua menurut sumber tenaga penggerak / mesin.
  1. Forklift Engine, yang pake mesin konvensional persis sama punya-nya mobil pada umumnya (mesin 4-tak)
  2. Forklift Elektrik, yang pake motor elektrik (dapet daya dari batteray, bukan tamiya lo ya)
Postingan kali ini, bahas soal Forklift Engine dulu, yang Elektrik ntar kita bahas di postingan berikutnya. (sabar ye, kan biar penasaran. hehe)

Sama kaya' mobil , umunya forklift engine pake mesin 4-tak konvensional. Ada 3 varian mesin yang bisa diaplikasikan sesuai konsumsi bahan bakarnya. . . Mesin Diesel yang pake BBM solar, Mesin Bensin yang pake bensin tentunya, n Mesin LPG yang udah jelas pake gas LPG buat bahan bakarnya. . . 

Mesin Diesel
Mitsubishi FD-30_Diesel Engine
Diesel Engine
Nih mesin cara kerjanya sama aja kaya' mesin bensin n LPG, cuma bedanya soal metode pencampuran BBM sama udara n metode pengapian. Kalo di mesin diesel (direct injection), solar di-injeksi'in dalam bentuk kabut ke ruang bakar yang tadinya udah ke'isi sama udara berkompresi tinggi. Injeksi dilakukan pada saat piston bergerak ke atas (langkah kompresi) dan mulai dekat sama TMA. Nah, campuran kabut solar n udara panas tadi bergesekan dan menimbulkan api, lebih tepatnya pengapian. Ini disebut self-ignition, penyalaan diri, jadi bisa nyala tanpa ada busi yang kasih percikan listrik kaya pd motor bensin. (ajaib yah, bisa nyala sendiri, hehe). Kalo pa diesel indirect-injection, biasanya ada busi pijar yang ditaruh di injection chamber yang berhubungan langsung sama ruang bakar. Nah, tuh busi pijar ga mercik bunga api, tapi dia cuma berpijar aja, jadi bara gitu, dipake buat manasin ruang bakar pas awal starter doank.

Mesin Bensin
Toyota 5FGL15_Mesin Bensin / Otto Engine
Otto Engine
Nah, kalo yang ini udah banyak yang ngerti. Di-desain buat pake BBM Bensin dan sejenisnya. Mesin bensin pake busi (spark plug) buat proses pengapiannya. Proses pencampuran bahan bakar dan udara terjadi pada karburator, sebelum memasuki ruang bakar. Yang taunya cuma mesin motor, yah kurang lebih sama-lah.

Mesin LPG
Japanese in-vehicle LPG bottle on ForkliftImage via Wikipedia
Toyota Forklift with LPG
LPG Engine
As well as Otto Engines, (widiihh, pake english). Sama kaya' mesin bensin, proses pengapiannya juga perlu busi. Hanya saja ada sedikit perbedaan soal sistem karburator. Di sini semua kudu rapat, ga boleh ada yang bocor (ya eyalah ga boleh bocor, ini kan pake Gas LPG).  
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

COVERAGE AREA

Rental Forklift BSD Sewa Forklift 2,5 ton, 3 ton, 5 ton, 10 ton, 15 ton, hand pallet 3 ton, plat besi ke daerah bsd, cisauk, legok, parung panjang, gunung sindur, gading serpong, ceger, pondok aren, bizhub, t8, ice bsd, kemang, multiguna, parung, pondok cabe, tangerang selatan, karawaci, serpong, sumarecon, bintaro, alam sutera, taman tekno, muncul, puspitek, legok, pamulang, ciledug, parung serab, ciputat, pagedangan, babakan, ciater, victor, benda, pondok petir, poris, cikokol, cipondoh, cigaten, tangerang, neglasari, sepatan, selapajang, cengkareng, kalideres, kota tangerang

INFORMASI

Buka 24 Jam
Jalan Raya Ciater Barat No 38 - BSD, Tangerang Selatan
Kontak :
Hery : 0813 - 1888 - 2015

Support

Jika yang anda cari tidak terdapat di blog ini Jangan Ragu untuk MENGHUBUNGI KAMI mengenai alat angkat yang anda butuhkan.

Pages